Jumat, 06 Februari 2015

cara merawat PC


Cara merawat komputer yang baik dan benar haruslah diketahui oleh setiap pengguna. Sebab, apabila dalam melakukan perawatan terjadi sedikit saja kesalahan, maka akan fatal akibatnya. Bisa saja komputer Anda akan mengalami kerusakan pada bagian CPU, yang penanganannya cukup rumit. Atau gangguan pada LCD akibat perawatan tidak sesuai sehingga harus mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk memperbaikinya.
Beberapa masalah terkait dengan ‘human error’ dalam mengoperasikan komputer memang kerap terjadi dalam masyarakat. Terlebih bagi mereka yang baru mengenal teknologi, sangat rentan dengan kesalahan penggunaan. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, dalam tulisan ini penulis akan coba menerangkan tips bagaimana merawat komputer yang baik dan benar. Tentu, tips berikut harus Anda terapkan agar tidak mengalami hal-hal di luar keinginan kita sebagai pengguna komputer.
Berikut adalah cara merawat komputer agar tidak mudah rusak:
Jangan Meletakkan Benda Cair Dekat Komputer
Jauhkan perangkat komputer dari benda cair. Contoh dari benda cair adalah minuman, minyak wangi, atau yang lainnya. Yang paling sering terjadi adalah minuman, ya, kebanyakan pengguna meletakkan minuman di dekat komputer. Hal itu sangat tidak dianjurkan, sebab akan fatal akibatnya apabila minuman itu tumpah dan mengenai perangkat komputer. Bisa saja perangkatnya mengalami korsleting atau rusak intern. Jadi, sebisa mungkin Anda menjauhkan benda cair dari perangkat komputer.
Wajarlah dalam Berkomputer – Jangan Berlama-lama Memainkan Komputer
Komputer bukanlah alat elektronik yang sempurna, yang mampu dioperasikan sekian lama tanpa batas wajar pemakaian. Jangan mengoperasikan komputer selama lebih dari 10 jam. Sebab, hal itu akan menurunkan kinerja dari masing-masing perangkat komputer. Pun, memainkan komputer dalam jangka waktu lebih dari 10 jam juga akan merusak pandangan mata kita. Jadi, dampaknya lebih kompleks apabila mengoperasikan komputer selama berjam-jam tanpa beristirahat, yaitu pada perangkat komputer dan pengguna komputer itu sendiri.
Berhenti Mengakses Internet Ketika Hujan
Sangat berbahaya apabila Anda tetap ‘ngeyel’ berselancar di internet sekalipun hujan lebat. Akibat fatal yang akan terjadi bisa saja petir menyambar perangkat komputer Anda. Dan, apabila sudah demikian maka tidak ada harapan lagi, komputer akan mengalami rusak parah. Sekali lagi penulis tekankan, petir dapat menyambar benda apapun termasuk komputer kita yang terkoneksi dengan internet. Untuk itu, lebih berhati-hatilah dalam mengoperasikan komputer apalagi dihubungkan dengan koneksi internet.
sumber:http://artikelterkait.com/cara-merawat-komputer-yang-baik-dan-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar